Mancing Teknik Lubang Target Ikan Nila

Monday, March 25, 2019
Mancing dengan teknik lubang adalah salah satu trik mancing khusus untuk target ikan nila atau Munjair. Ikan nila di sini juga khusus yaitu ikan nila hitam, untuk jenis ikan nila merah relatif susah atau sangat jarang di jumpai.

Lubang yang di maksud di sini adalah lubang atau sarang ikan nila yang dalam proses mencari lawan jenis. Ikan nila jantan memiliki kebiasaan membuat lubang untuk menarik lawan jenis atau nila betina. Lubang dibuat menyesuaikan ukuran dari nila jantan. Jika ukuran nila besar maka ukuran lubang juga akan besar. Bentuk dari lubang ini seperti wajan atau penggorengan.

Lek Juwari dengan Ikan hasil Narang

Rata-rata ukuran dari nila ini lebih dari 5 nyari. Ikan di bawah 5 yari belum pernah  dalam sejarahnya terpancing dengan teknik lubang. Untuk ukuran terbesar bisa mencapai 10 nyari atau memiliki bobot lebih dari 2 Kg untuk 1 ekornya. Bentuk dari lubang ini seperti wajan atau penggorengan.

Tidak semua lubang terdapat ikan. Ciri mudah untuk mengetahui lubang mana yang terdapat ikan adalah lubang yang bersih dari sampah. Untuk menarik lawan jenis ini ikan nila akan selalu berada di lubang dan selalu menjaga kebersihan dari lubang.

Lubang ikan nila bisa berada di mana saja dari kedalaman 10 cm hingga kedalaman yang masih bisa di jangkau tanpa alat bantu penyelaman yaitu sekitar sekitar 3-4 meter. Untuk memancing dengan teknik lubang ini membutuhkan ketrampilan dalam menyelam karena biasanya lubang yang bagus berada di kedalaman sekitar 2-4 meter. Untuk kedalaman kurang dari 1 meter proses memancing relatif lama tidak seperti jika kedalaman lebih dari 2 meter.


Teknik mancing lubang lubang menggunakan joran jenis tegek dengan ukuran minimal 3.5 meter. Lebih panjang lebih baik karena jika kedalaman 2-3 meter akan lebih memudahkan dalam memancing. Untuk umpan yang digunakan bisa menggunakan Sterofoam / gabus. Bisa juga menggunakan umpan lain seperti cacing atau lumut.

Kenapa bisa menggunakan styrofoam karena pada prinsipnya adalah kebiasaan dari ikan nila yaitu membersihkan sampah yang ada di dalam lubang. Jadi saat ada styrofoam makan ikan akan menghilangkan umpan tersebut dari lubang atau sarang dan saat di buang ini kambangan atau pelampung akan naik dan ini adalah saat menyabet joran.


Teknik mancing lobang di Semarang biasa ada di waduk Jatibarang. Untuk mancing ini cari spot yang landai dengan kedalaman 2-3 meter. Spot bisa pindah-pindah karena posisi lubang tidak semua terisi ikan. Untuk mancing dengan teknik lubang bisa menyewa perahu sampan dari spot Lek Ju.

Mancing teknik lubang sedikit beresiko jadi Kami sarankan sebaiknya di temani oleh orang yang sudah terbiasa mancing dengan teknik ini.  Usahakan dalam kondisi Fit dan pastikan keselamatan yang utama. Salam strike.

0 komentar:

Post a Comment test