Mancing Boncos Antara Mitos dan Fakta

Thursday, October 31, 2019
Bagi pemancing pemula atau mungkin yang sudah terbiasa memancing tidak luput dari yang namanya boncos. Boncos adalah sebuah istilah didunia mancing yang artinya mancing tapi tidak dapat ikan sama sekali.

Ada beragam mitos seputar kenapa bisa boncos. Biasanya di hubung-hubungkan dengan perilaku seksual. Semalam berhubungan seksual pagi hari mancing biasanya akan boncos. Saya tidak akan membahas seputar mitos karena itu tergantung dari kepercayaan pribadi tapi kita akan bahas seputar teknik dan trik mancing supaya tidak boncos.


Jenis Umpan.
Umpan sangat mempengaruhi terutama jika kondisi ikan sedang tidak rame atau jumlah ikan mulai berkurang. Ada saat dimana ikan akan makan dalam jumlah besar dan ada pula saat ikan makan tapi sekali dua kali dalam rentang waktu tertentu. Saya contohkan mancing ikan bandeng tawar.

Bandeng tawar adalah jenis ikan yang tidak bisa beranak-pinak jadi untuk bisa tetap ada di habitat misal waduk maka harus di stok secara terus menerus. Biasanya bibit ikan bandeng ukurannya setengah jari kelingking. Setelah dalam jangka waktu 3 bulan dapat berubah menjadi 2 jari atau 3 jari. Pada saat ukuran sama ini biasanya mereka akan rakus makan secara bersamaan. Bandeng adalah jenis ikan koloni. Saat seperti ini biasanya jenis umpan pelet apa saja akan di makan oleh Bandeng.

Setelah jumlah mulai berkurang maka ikan bandeng akan mulai memilih-milih umpan. Jika kebiasaan di suatu waduk tersebut pelet jenis wangi lebih mudah dimakan ikan, gunakan umpan tersebut terus menerus. Jika bisa variasikan dengan tambahan pewangi misal essen dengan aroma buah.

Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang selalu dapat ikan - jenis umpan apa yang dipakai. Jika memungkinkan bisa dapat rahasia racikan umpannya. Ada karakter orang yang bersedia memberikan bocoran variasi umpan namun ada juga yang pelit ilmu.

Teknik Mancing
Mancing agar dapat ikan juga perlu memperhatikan teknik yang digunakan mulai dari jenis rangkaian yang digunakan dan titik spot yang biasa ikan makan. Salah memilih tempat juga akan mempengaruhi hasil mancing.

Spot atau titik mancing sangat penting karena di sini biasanya ikan berada. Spot mancing juga merupakan pengaruh kebiasaan orang-orang mancing. Misal kan orang sering mancing di titik spot tersebut otomatis sering diberi umpan, lama kelamaan ikan akan berkumpul. Ikan akan terbiasa berada di spot tersebut karena sudah pasti akan ada makanan. Video berikut ini adalah contoh mancing bandeng tawar menggunakan umpan dan teknik yang sering di gunakan oleh orang-orang yang biasa mancing dispot tersebut.


Perlu memperhatikan spot untuk jenis ikan tertentu. Sebagai contoh adalah ikan bandeng tawar biasanya lebih suka berada agak jauh dari pinggir waduk. Biasanya meraka lebih menyukai spot yang berbentuk cekungan tidak datar. Atau spot dimana dasar perairan ada lubangnya.

Sebelum memancing atau setelah ikan mulai makan di titik spot gunakan umpan bom atau umpan dengan tujuan mengumpulkan ikan. Biasanya para pemancing dengan umpan lumut akan menaruh lumut dittik spot sebelum mancing dengan tujuan agar ikan berkumpul.

Faktor mancing dapat dan tidaknya biasanya akan tergantung dari cuaca juga. Ada saat dimana ikan akan jarang makan contoh disini adalah ikan bandeng tawar akan sulit makan pada saat musim penghujan. Saat tpat untuk mancing ikan bandeng tawar adalah saat musim panas atu puncak musim panas.

Pasokan ikan di suatu waduk atau spot mancing juga tentunya akan berpengaruh. Jangan merusak habitat ikan dengan cara diracun, disetrum. Jika mendapati perilaku tersebut usahakan untuk ditegur karena sudah ada peraturan baik itu peraturan undang-undang dan peraturan daerah masing-masing. Dan yang terpenting berdoa sebelum mancing. Salam strike dan semoga tidak lagi boncos.

0 komentar:

Post a Comment test