Mengenal Jenis Lumut untuk Umpan Mancing

Monday, October 14, 2019
Umpan mancing paling sering digunakan oleh pemancing adalah lumut dengan target utama ikan Nila atau Munjahir. Umpan jenis ini populer di jawa karena hampir sebagian besar perairan tawar khususnya Waduk paling mudah untuk dipancing adalah ikan Nila.

Meskipun termasuk kategori hewan pemakan segalanya, ikan Nila juga relatif mudah dipancing dengan umpan lumut. Biasanya menggunakan joran tegek antena yang sudah di modifikasi dengan di tambah ring guite dan ditambah fiber diujung joran. Sensasi mancing Nila dengan tegek ini lebih terasa apalagi saat strike nila ukuran besar / babon.

Selain Nila target lain mancing dengan umpan lumut adalah ikan bader, ikan bandeng. Ikan gurameh meskipun di kenal memakan daun dan biji-bijian tapi tidak mau saat di pancing dengan umpan lumut.

Umpan Lumut untuk Mancing di Spot Waduk
Waduk adalah habitat buatan dimana ikan nila penghuni adalah ikan tebaran. Sangat jarang terutama di Jawa ikan nila asli penghuni waduk. Sebagian besar adalah ikan tebaran dari pemerintah daerah atau komunitas pemancing.

Waduk Jatibarang pada awal dibuka dan ditabur ikan Nila dan ikan jenis lainnya, satu-satunya umpan yang digunakan adalah pelet lele atau pelet amis. Mancing dengan teknik dasar lempar tengah sangat mudah untuk mendapatkan ikan Nila dari berbagai ukuran umumnya adalah 5 nyari.

Saat itu memang sangat jarang bahkan tidak ada pemancing menggunakan umpan lumut. Seiring berjalannya waktu banyak pemancing terutama dari karesidenan Solo -dengan ciri khasnya nyobok-  memancing di waduk Jatibarang menggunakan umpan lumut. Dampaknya mulai terasa dimana ikan Nila sudah jarang sekali memakan umpan pelet dan lebih senang memakan umpan lumut.

Disekitar waduk Jatibarang dulu tidak ada sama sekali penjual lumut namun saat ini sudah banyak penjual lumut yang awalanya hanya satu sekarang sudah ada 5 orang.

Ikan bibit / anakan dari sini dapat dilihat ternyata memiliki kebiasaan terhadap umpan yang biasa dimakan. Jika terbiasa memakan umpan lumut saat tumbuh dewasa akan lebih senang memakan lumut dari pada pelet.

Mengenal Jenis Lumut.
Tidak semua jenis lumut bisa digunakan untuk memancing ikan. Jenis lumut khusus untuk mancing ikan ini biasa dijumpai di perairan dangkal dimana sepanjang tahun air mengalir dan kondisi air tidak tercemar. Habitat lumut biasanya ada di sungai dangkal, sawah atau di tempat pemandian umum yang banyak dijumpai di desa-desa.

Contoh lumut semi kasar 

Ada dua jenis lumut untuk umpan mancing ikan yaitu lumut kasar dan halus. Jenisnya sama yang membedakan adalah ukurannya saja. Untuk lumut kasar biasanya lebih panjang dan lebih kaku. Lumut kasar lebih bagus karena tidak mudah layu atau mati.

Kekurangan lumut kasar adalah susah untuk dipasang di mata pancing, solusinya adalah dengan menambahkan garam agar lemas. Solusi lainnya adalah dengan menambahkan essen.

Ikan Nila termasuk jenis ikan agak susah makan bila lumut dalam kondisi mati. Berbeda dengan ikan Bandeng meskipun lumut mati dan berubah warna menjadi hitam masih mau makan. Teknik memasang umpan lumut untuk mancing ikan terutama ikan bandeng silakan cek di video ini :


0 komentar:

Post a Comment test