Variasi Umpan Ampuh Mancing Ikan Gabus

Thursday, October 10, 2019
Ikan gabus atau dalam bahas latin di kenal dengan nama Channa striata adalah spesian ikan air tawar yang mudah di jumpai di berbagai perairan terutama di waduk. Dalam rantai makanan ikan ini termasuk predator sekaligus menempati urutan pertama.

Dari sisi perkembang biakan ikan gabus termasuk jenis ikan yang mudah dan cepat berkembang biak. Sekali berkembang biak ikan gabus bisa menghasilkan puluhan anakan. Saat berkembang biak terutama sesudah anakan menetas ikan ini akan berada di pinggir waduk atau sungai terutam spot yang memiliki banyak ilalang. Jika musim tanam padi biasanaya sering masuk ke area persawahan.

Saya akan membagikan beberapa trik mancing ikan gabus sesuai dengan umpan dan cara mancing serta spot mancing yang pernah saya coba sendiri.



Umpan Cacing 
Jenis cacing yang biasa saya gunakan untuk mancing ikan gabus adalah cacing tanah ukuran besar atau biasa dikenal dengan nama cacing kalong. Umumnya cacing ini jarang ada yang menjual. Jadi memang harus di cari sendiri.

Saya biasa macing gabus dengan umpan cacing di waduk Kedungombo pada malam hari dengan menggunakan joran terbuat dari bambu sebanyak 20 - 30 joran. Joran di pasang di pinggir spot berjajar di beri jarak sekitar 4-5 meter. Panjang joran berkisar 2 meter atau 3 meter. Gunakan mata kail ukuran 1 atau paling besar. Jangan menggunakan peberat.Usahakan cacing tetap hidup. Jika mati segera ganti. Kedalaman air antara 20-30 cm.

Mancing dengan teknik ini cukup menguras tenaga karena harus berjalan cukup jauh. Jika jumlah joran banyak, setiap 15 -20 menit sekali umpan harus di ganti sekaligus untuk mengecek apakah umpan sudah di makan ikan. Serunya mancing di sini adalah saat strike biasanya suara ikan sudah terdengar dari kejauhan.

Spot yang ideal untuk mancing gabus dengan teknik ini adalah saat musim hujan air waduk atau sungai sedang naik atau penuh. Biasanya banyak ilalang atau sawah yang terendam air. Spot ini potensial karena gabus biasanya akan mencari mangsa belalang dan katak kecil (precil).

Kelebihan umpan cacing selain ikan Gabus ikan jenis lain juga bisa di dapatkan dan biasanya jika beruntung akan mendapat Nila dengan ukuran besar. Atau bisa juga mendapat belut jumbo jika spot mancing di sawah.

Umpan Katak.
Mancing gabus dengan umpan anakan katak atau di jawa di kenal dengan nama precil realtif lebih gampang dalam hal mencari umpan. Di kota Semarang precil banyak yang jual di pasar burung. Dengan harga 10.000 sudah lebih dari cukup untuk macing semalam.

Joran yang digunakan juga sama seperti mancing gabus dengan umpan cacing bedanya adalah teknik meletakkan umpan saja. Jika dengan cacing umpan di dasarkan maka dengan umpan precil umpan di buat mengambang dan tetap hidup.

Tali senar buat pendek agar precil tetap mengambang dan leluasa bergerak karena jika dalam posisi hidup precil akan bergerak maju mundur.

Resiko mancing dengan umpan precil adalah bisa mendapatkan ular. Pengalaman ini sering saya alami saat mancing di waduk Bade terutama di spot pinggir sawah yang sudah tergenang air waduk. Resiko lainnya adalah jika terlalu lama ikan gabus tidak di ambil saat strike maka akan lepas karena jika menggunakan umpan katak tidak bisa di makan secara penuh hanya nyantol di bibir ikan. Berbeda bila mancing dengan umpan cacing sudah pasti sampai ke tengah mulut ikan gabus dan jarang sekali lepas.

Umpan Ikan Kecil
Ikan kecil yang cocok untuk digunakan mancing gabus adalah ikan telavia atau red devil karena ikan ini termasuk ikan yang tahan banting alias tidak mudah mati. Jenis ikan ini mudah di temui di waduk karena mudah sekali berkembang biak. Ukuran idel ikan ini adalah 4-5 cm.

Jumlah joran untuk mancing bisa 10-15 joran dan sudah di lengkapi dengan kelosan atau reel. Ukuran pancing sama yaitu ukuran besar. Gunakan pemberat karena teknik ini nantinya ikan atau umpan di lempar sedikit ke tengah waduk atau sungai. Pemberat berada di dasar dan ikan berada di atas atau biarkan mengambang dan tetap hidup.

Mancing dengan umpan ikan kecil tidak perlu dilakukan pada malam hari. Siang hari masih tetap ideal untuk mancing. Waktu yang tepat adalah saat selesai hujan atau pada saat hujan.

Umpan Kepiting atau Yuyu
Yuyu adalah istilah jawa untuk kepiting sawah. Umpan jenis ini juga cocok untuk mancing ikan gabus dan biasanya gabus yang didapat ukurannya besar atau di atas 1 kg perekor. Jenis umpan ini relatif tidak ada penggangu keculai jika di waduk atau spot tersebut ada jenis ikan predator lainnya.

Sepengalaman Saya jenis ikan graskap tidak mau memakan umpan ini. Jadi target utama ikan gabus sudah pasti strike jika sedang beruntung. Namun jika ukuran yuyu kecil dan dalam kondisi mati bisa mendapatkan ikan lain seperti Bader.

Teknik mancing sama dengan umpan ikan kecil dengan di lempar di tenggah waduk atau sungai. Waktu mancing adalah siang hari.

Umpan Mainan
Untuk yang satu ini saya nyerah alias tidak pernah bisa strike. Mungkin tidak sabaran karena mancing dengan teknik ini memang butuh tenaga dan kesabaran ekstra.

Pada intinya ikan gabus lebih senang memakan umpan dalam keadaan hidup atau bergerak. Jika menggunakan umpan hidup bisa di variasikan dengan hewan apa saja asal bisa bertahan hidup sedikit lama di dalam air.

0 komentar:

Post a Comment test