Tempat Membeli Lumut Untuk Mancing di Waduk Jatibarang

Monday, November 11, 2019
Lumut adalah salah satu jenis umpan mancing ikan air tawar yang sering digunakan oleh pemancing terutama untuk target ikan Nila dan bandeng tawar. Selain air tawar, lumut biasanya juga digunakan untuk mancing air asin terutama untuk target ikan blanak dan barongan.

Teknik menggunakan lumut untuk mancing di air tawar dan air asin sedikit berbeda terutama di campurannya. Untuk air asin ada yang mencampur dengan tepung sehingga mirip seperti adonan makanan. Biasanya umpan seperti ini digunakan untuk target ikan blanak.

Membeli lumut untuk mancing ikan terutama di sekitar waduk Jatibarang sampai saat ini bisa dikatakan relatif susah. Jumlah penjual tidak sebanding dengan jumlah pemancing jadi sering kehabisan stok. Lumut sudah seperti beras menjadi kebutuhan wajib bagi para pemancing.


Tempat penjual lumut di sekitar waduk Jatibarang sampai saat ini hanya ada empat sampi lima orang saja. Ada yang menetap disuatu tempat ada juga yang tidak menetap alias jualan saat tertentu saja. Berikut ini penjelasan posisi tempat berjualan lumut terutama disekitar waduk Jatibarang dan nomor yang bisa di hubungi.

Samping SMP 22 Semarang atau daerah Cepoko. 
Penjual berasal dari Ambarawa. Setiap hari berangkat dari rumah ke Semarang dan memulai berjualan sekitar pukul 07.00 hingga 09.00 pagi. Terkadang tidak sampai jam 9 pagi sudah habis. Lumut yang dijual adalah hasil mencari bukan menanam sendiri. biasanya lumutnya tipe halus dengan harga perbungkus Rp. 5.000.

Lokasi berjualan ada di sebelah barat SMP 22 Semarang tepatnya di pangkalan ojek Cepoko. Jika sudah sampai di pos ojek silakan tanya ke tukang ojek sudah pasti paham.

Hari libur tidak berjualan adalah hari Jumat jadi pastikan untuk membeli ditempat lain jika hari Jumat. Untuk hari minggu biasanya datang lebih awal. Pastikan untuk selalu menghubungi sebelum membeli karena bisa di pesan sebelumnya. Untuk menghubungi bisa di kontak ke nomor : 0857021871947. Tidak ada Whatsapp jadi silakan SMS atau telepon terlebh dahulu. Untuk posisi lokasi berjualan lumut bisa di cek di video ini; https://youtu.be/4b0typzyOVU.



Depan SMK Nurul Barqi
Sama seperti penjual di pos ojek SMP 22 Semarang, lumut yang di jual di depan SMK Nurul Barqi adalah hasil mencari bukan menanam sendiri. Lumut biasanya bervariasi kadang halus kadang semi kasar. Harga perbungkus Rp. 5.000.

Penjual berasal dari Ungaran dan berjualan dengan menggunakan motor mulai jam 07.00 WIB. Untuk mencari penjual silakan cari sepeda motor yang ada tulisan "Jual Lumut". Lokasi tepatnya adalah depan toko pakan burung.

Waktu berjualan juga relatif singkat bisanya tidak lebih dari jam 10.00 jadi pastikan sebelum membeli untuk menghubungi terlebih dahulu di nomor Whatsapp  +62857-2831-8569. Posisi dalam Maps cek sini : https://goo.gl/maps/Y58giZ2ZMsHGR7z96 (posisi geser ke selatan bukan didepan SMK Sultan Trenggono).

Depan Makam Pongangan / Depan Indomaret Pongangan.
Penjual berasalah dari Demak tapi kadang tinggal di Ungaran atau Karangjati. Berbeda dengan penjual lumut lainnya, lumut adalah hasil menanam sendiri dan bisa di pastikan lumut adalah jenis semi kasar.

Lokasi jualan tepat di samping halte depan Indomaret Pongangan. Jam buka hampir sama dengan penjual lainnya mulai dari jam 7 pagi sampai jam 8-9 an pagi. Jika masih ada sisa biasanya akan dititipkan warung pakan burung tepat di samping tempat penjualan. Harga jual perpaket / perbungkus sebesar Rp. 5000.

Karena menanam sendiri lumut juga bisa dipesan jika ingin memancing di Waduk Jatibarang tetapi usahakan untuk datang ke Karangjati atau jika kebetulan berangkat dari arah Salatiga atau Solo bisa janjian untuk ketemu terlebih dahulu. Silakan kontak ke nomor Whatsapp ini : +62 857-8436-6686. Lokasi dalam bentuk Google Maps cek dilink ini : https://goo.gl/maps/QxLsRFDoYqjTbTvs7.

Depan Loket Wisata Goa Kreo.
Lokasi berjualan ada di depan loket wisata goa kreo. Jam buka relatif lebih panjang karena jualan dirumah sendiri yang artinya juga bisa dipesan terlebih dahulu. Malam hari juga bisa jika kebetulan stok tersedia.

Penjual mendapatkan lumut tidak dengan mencari namun membeli dari pengepul/penanam. Jenis lumut yang dijual selaku semi kasar. Berbeda dengan penjual lumut lainnya harga lumut tergantung dari permintaan customer. Bisa membeli dengan harga Rp. 5.000, 10.000 atau sesuai kebutuhan pemancing.

Sebelum membeli pastikan untuk selalu menghubungi penjual terlebih dahulu dinomor WhastApp : +62 819-0170-1444. Untuk lokasi detail dari tempat jualan bisa di cek divideo ini : https://youtu.be/0UOqwgl5CfQ.

Dermaga Waduk Jatibarang
Penjual juga seorang pemancing yang berasal dari Solo. Jadi jualan lumut hanya saat mancing di waduk Jatibarang saja, biasanya hari Kamis dan Minggu. Lokasi jualan di dermaga namun saat mancing dititipkan ke pengelola sewa Perahu yang ada di dermaga yaitu Pak Kusno atau warung Mak Sri. Lokasi warung silakan cek pada video ini : https://youtu.be/dUFN1DkM1d4.

Jenis lumut dari Solo memang terkenal sangat bagus karena ditanam sendiri. Pemancing dari Solo dan sekitarnya sudah terbiasa mancing umpan lumut teknik nyobok jadi sangat paham mana lumut yang bagus untuk umpan mancing.

Bagi yang ingin membeli bisa memesan terlebih dahulu untuk memastikan yang bersangkutan berjualan apa tidak bisa menghubungi langsung ke pemilik dinomor Whatsapp : 082136721280.

Semua penjual lumut berada di sepanjang jalan raya dari arah Gunungpati ke Manyaran atau objek wisata Gua Kreo jadi mudah dicari. Ada beberapa penjual lumut lain namun tidak menetap di sekitar waduk Jatibarang tapi jualan di rumah. Akan Kami update juga sudah mendapatkan kontak yang bersangkutan.

0 komentar:

Post a Comment test