Racikan Umpan Ampuh Mancing Ikan Mas / Karper Untuk Lomba atau Kolam

Wednesday, November 20, 2019
Salah satu jenis ikan yang sering di lombakan adalah ikan karper atau ikan mas. Lomba bisa harian atau bisa juga dalam event tertentu seperti hari ulang tahun kota atau Kabupaten. Ikan ini bukan jenis ikan endemik dari Indonesia. Pertumbuhan hewan ini relatif lambat di alam liar dan termasuk jenis ikan yang susah dipancing di alam liar terutama di waduk.

Bagi sebagian daerah di Indonesia ikan mas melekat dengan berbagai mitos. Saat ada pemancing mendapat ikan biasanya dilepas lagi seperti mitos yang ada di danau Toba. Rekor ukuran ikan mas di danau Toba pernah ada yang berhasil menangkap dengan bobot 14 Kg. Di danau Toba biasanya jika ada yang mendapat ikan mas akan diganti dalam bentuk uang agar ikan dilepaskan liarkan.

Ikan mas / karper lebih banyak dibudidayakan untuk tujuan konsumsi dan lomba. Saya akan membagikan tips meracik umpan ikan karper / mas untuk lomba mancing harian atau pada saat event lomba tertentu.


Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah
  1. Pelet jempol warna merah atau amis 1 bungkus (lihat gambar diatas)
  2. Santen kara ukuran kecil
  3. Kroto secukupnya biasanya beli seharga Rp. 30.000. Jika bisa lebihkan untuk taburan
  4. Pelet tabur biasa atau pelet bubuk super. Bentuk pelet bisa di cek di IG (https://www.instagram.com/spotmancing.id/)
Cara mengolah; campur semua bahan diatas kecuali pelet tabur atau pelet bubuk menjadi satu dan tempatkan di wadah plastik atau wadah lainnya untuk kemudian dikukus. Proses pengkukusan selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah selesai biarkan sampai dingin kemudian bungkus rapi untuk disiapkan keperlombaan.

Sampai dispot lomba persiapkan pelet bubuk dan campur dengan kroto. Tambah dengan air biasa atau air dingin bisa menggunakan air kolam dan campur biar sedikit menyatu biar mudah dilempar ketengah atau spot yang diinginkan.

Setelah melempar umpan jika ikan sudah mau makan lempar pelet bubuk agar ikan ngumpul dispot tersebut. Usahakan gerak cepat saat strike agar ikan tidak lari saat sudah ngumpul.

Racikan umpan diatas untuk lomba dengan durasi waktu 3 jam dengan jumlah ikan 7 kwintal dengan jumlah peserta 150an. Jika jumlah ikan lebih banyak dan durasi waktu pancing lama racikan umpan diatas mungkin kurang jadi bisa menggunakan 2 pelet jempol. Video berikut ini adalah bentuk dari umpan setelah jadi dan cara mempraktekannya saat lomba.


Dalam video diatas kroto dan pelet tidak dijadikan satu karena membelinya terpisah. Stok kroto dipasaran kebetulan susah didapat jadi beli kroto dilokasi lomba. Akan lebih baik jika kroto ikut di kukus untuk menambah aroma pada pelet. Selamat berlomba salam strike.

0 komentar:

Post a Comment test