Variasi Umpan Mancing Ikan Putihan

Friday, November 29, 2019
Ikan putihan adalah istilah yang sering di jumpai bagi pemancing di Jawa Tengah. Dinamai ikan putihan karena memiliki karakter warna yaitu putih atau dapat di klasifikan ke dalam suku Cyprinidae.

Beberapa jenis nama ikan dalam ketegori ikan putihan ini adalah ikan Bader, Sreteng / Srengseng, Kerprek atau Bokor dan juga ikan Melem. Nama Ikan ini di beberapa daerah di Indonesia sudah pasti berbeda dan lebih populer di Jawa Tengah.

Habitat utama ikan ini berada di sungai. Hampir semua sungai besar di Jawa masah banyak dijumpai berbagai jenis ikan seperti Bader, Sreteng / Srengseng. Khusus untuk ikan Bokor / Keprek umumnya lebih banyak di jumpai di sungai-sungai kecil.

Saya akan membagikan varasi umpan mancing ikan putihan sesuai dengan spot mancing. Beda spot umumnya teknik mancingnya juga berbeda. Bedanya adalah dispot sungai kecil dan sungai besar.

Sungai Kecil.
Jenis ikan putihan disungai kecil atau sungai kampung biasanya adalah ikan bokor atau keprek. Ikan ini memiliki ciri khas dari ukurannya yang kecil dan tidak akan bisa mencapai ukuran lebih dari 0.4 Kg. Meskipun kecil rasa dari ikan ini sangat gurih, pengolahanya biasanya dibuat kripik atau dimasak dengan cara di sayur.

Umpan untuk mancing ikan bokor biasanya menggunakan cacing sawah atau istilah jawanya lur. Selain lur bisa juga menggunakan cacing sampah. Cacing sampah adalah jenis cacing dengan ukuran kecil dan memiliki ciri khas bau yang menyengat. Penggunana kedua umpan ini paling cocok saat air keruh atau berwarna coklat. Jadi lebih pas menggunakan umpan ini setelah hujan.

Ikan Bokor / Keprek

Umpan lainnya bisa juga menggunakan umpan lotek atau getuk. Umpan ini berbahan dasar dari singkong rebus dengan campuran tempe busuk, kunir terkadang dicampur juga dengan pete. Lotek atau getuk bisa juga diganti dengan bahan roti klik atau roti crispy dengan campuran telur ayam atau telur bebek.

Jenis umpan lainnya yang umumnya digunakan untuk mancing kan Bakor adalah serangga seperti rengas dan laron. Video mancing ikan bokor atau keprek silakan di lihat pada video berikut ini:


Sungai Besar.
Umumnya jenis ikan putihan di sungai besar lebih berfariatif karena itu jenis umpan yang digunakan juga lebih banyak tidak seperti mancing di sungai kecil. Beberapa umpan yang sering digunakan adalah lumut, pelet dan umpan yang juga digunakan untuk mancing disungai kecil.

Umpan lumut memang relatif sedikit susah karena mata kail yang digunakan kecil otomatis umpan lumut yang digunakan juga sedikit. Untuk memasang lumut memang perlu berlatih terus menerus hingga lumut tetap terpasang di mata kail saat di lempar ke air. Jika mata kail yang digunakan lebih besar memansang lumut tidak terlalu terkendala.

Lumut cocok untuk ikan Bader, Srengseng dan juga melem. Jika ukuran ikan di sungai sudah relatif besar bisa menggunakan umpan pelet dengan teknik dasaran. Pengalaman saya mancing disungai progo Temanggung menggunakan umpan pelet bisa mendapatkan ikan Bader ukuran setengah kilogram.

0 komentar:

Post a Comment test