Umpan Ampuh Untuk Mancing Ikan

Thursday, January 30, 2020
Sering sekali pertanyaan 'Umpan apa yang paling ampuh untuk mancing ikan a,b,c dst?' muncul dibeberapa grup mancing Facebook. Jawabannya pun beragam dari umpan hidup seperti cacing, udang sampai ada juga dengan dengan tambahan essen. Lalu kira-kira apakah ada umpan ikan yang benar-benar manjur alias ampuh? Mari kita coba bahas jawabannya.

Kita awali dengan mengenali terlebih dahulu spot yang digunakan untuk mancing. Ada tiga jenis spot mancing disini yaitu alami, buatan dan semi buatan. Spot alami contohnya adalah laut, rawa, sungai. Spot buatan contohnya empang dan semi buatan adalah waduk. Empang dan waduk disebut spot buatan karena biasanya ikan penghuni adalah ikan bibit atau ditebar.

Mancing di Spot Liar
Bibit ikan yang ditebar diwaduk umumnya berukuran kecil. Ikan dibiarkan bebas untuk mencari makan atau makanan tidak disuplai manusia beda halnya dengan di empang. Ikan jenis ini memiliki karakter yaitu menyesuaikan umpan yang biasa digunakan di waduk tersebut. Misalkan disalah satu waduk tersebut biasa orang mancing mengguakan umpan lumut maka kebiasaan selanjutnya ikan akan lebih senang memakan lumut.

Ada dua waduk di Jawa Tengah spot biasa saya mancing yaitu di Waduk Jatibarang Semarang dan Waduk Bade di Boyolali. Sama-sama waduk tapi dengan karakter ikan unik dalam hal umpan yang sering digunakan dan pengaruhnya terhadap hasil mancing.

Ikan Nila Hasil Mancing di Waduk Jatribarang Tanpa Umpan / Umpan Tiruan

Mancing di waduk Bade dulu lebih sering menggunakan umpan cacing dengan teknik mancing dasaran. Beberepa tahun yang lalu mancing dengan teknik ini masih sering digunakan namun sekarang umpan cacing tidak lagi disukai terutama untuk umpan ikan Nila. Saat ini ikan nila lebih senang memakan umpan lumut. Kenapa hal ini terjadi karena pengaruh kebiasaan umpan yang sering digunakan di waduk tersebut.

Sama halnya dengan waduk Jatibarang pada awal peroperasi mancing nila dengan umpan pelet masih relatif gampang namun sekarang ikan nila sudah tidak seagresif dulu dalam menyambar pelet beda jika umpannya adalah lumut.

Jadi disini faktor umpan akan sangat berpengaruh dari kebiasaan umpan yang digunakan di spot tersebut. Sebagus apapun umpan jika kebiasaan ikan memang hanya menyukai tipe umpan tertentu ya akan tetap boncos.

Mancing di Spot Buatan
Mancing di spot buatan atau empang bisa dikatakan susah-susah gampang karena jenis ikan biasanya adalah ikan besar. Permasalahannya disini adalah asal dari ikan ini dan perlakuan sebelumnya.

Umumnya ikan diempang di dapat dari suplaier ikan. Kondisi ikan sebelumnya tidak diketahui dalam hal ikan sehat dan tidaknya. Sering dijumpai ikan hasil tangkapan di empang saat lomba dalam kondisi terluka entah di mulut entah dibadan ikan.

Selain faktor umpan faktor lain yang berpengaruh adalah cuaca yang aka berpengaruh besar ke kondisi air. Saat kondisi hujan biasanya kondisi air akan keruh dan lebih hangat atau bisa juga lebih dingin. Kondisi ini nantinya di sikapi dengan jenis umpan yang digunakan.

Tidak ada patokan tetap untuk jenis umpan yang digunakan untuk mancing ikan diempang namun pada umumnya memang ada standar sendiri di wilayah wilayah tertentu. Sebagai contoh adalah umpan untuk mancing ikan Karper atau ikan Mas pada umumnya menggunakan umpan pelet dengan campuran kroto. Namun dibeberapa daerah umpan yang digunakan adalah udang kadang cacing sawah.

Jadi untuk umpan mancing ikan di spot buatan seperti empang sebaiknya dipelajari dari para pemancing yang sudah sering mancing di spot tersebut. Jika menggunakan umpan pelet bisa di racik dengan berbagai variasi tambahan misal essen atau campuran pelet lainnya.

Faktor yang berpengaruh terhadap hasil mancing selain umpan juga cuaca. Selain itu faktor paling berpengaruh adalah keberuntungan. Video dibawah ini adalah salah satu jenis umpan ikan bandeng tawar. Kenapa video ini saya beri judul ampuh, apakah sudah pasti dapat? jawabnya tentu saja tidak selalu dapat, sekali lagi banyak faktor penyebebnya tapi minimal jika ikan bandeng sedang mau makan dengan umpan ini selalu dapat.


Video dibawah ini mungkin bisa sebagai gambaran lainnya dimana mancing menggunakan umpan pelet wangi atau terget ikan bandeng, tapi bukan bandeng yang didapat malah ikan lele. Disini faktor keberuntungan sangat menentukan. Harusnya lele memang lebih suka umpan seperti cacing jika dialam liar seperti waduk tapi malah makan pelet wangi bukan pelet amis.


0 komentar:

Post a Comment test