Pengaruh Essen Pada Umpan

Tuesday, February 18, 2020
Judulnya artikelnya kayak skripsi saja hehehe. Umpan memang salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap hasil perolahan ikan. Umpan bagus sedikit banyak akan berpegaruh. Tapi faktor umpan ini juga akan dipengaruhi oleh faktor lain seperti moment ikan sedang ramai makan apa tidak.

Ada saat-saat tertentu dimana ikan dalam jumlah banyak, tetangga sebelah strike terus menerus sementara kita hanya jadi penonton saja. Padahal titik umpan dilempar berdekatan, teknik mancing juga sama. Bisa jadi pengaruh disini adalah umpan yang digunakan. Contoh kasus ini sering saya alami terutama saat mancing bandeng di waduk Jatibarang.


Biasanya mancing bandeng tawar diwaduk Jatibarang menggunakan umpan pelet dengan menggunakan rangkain pancing dasar. Jumlah mata pancing yang digunakan umumnya 5 atau bisa 10 dalam satu rangkaian. Jenis umpan yang digunakan rata-rata sama atau menggunakan umpan wangi.

Pada bulan-bulan tertentu saat jumlah ikan bandeng sudah mencapai ukuran tertentu dan sudah mulai ramai setiap pemancing minimal bisa mendapatkan 1 kg. Disinilah pengaruh umpan akan benar-benar dijui. Sebagai contoh kasus saya pernah mencoba menggunakan umpan pelet dengan aroma asin hasilnya memang benar-benar susah padahal saat itu kondisi ikan sedang rami.

Essen sendiri adalah aroma sama seperti jenis pelet yang saya gunakan untuk mancing bandeng memiliki aroma wangi. Artinya disini essen sedikit banyak mempengaruhi hasil perolehan ikan.

Anda mungkin pernah mendengar essen getah katilayu. Jenis essen ini dipercaya dapat mengumpulkan semua jenis ikan. Sekali lagi ini mungkin bisa jadi benar atau hanya sekedar mitos karena sampai detik ini saya sendiri belum pernah mencoba essen jenis ini. Jika dipraktekkan untuk mancing bandeng menurut saya agak sulit karena aroma yang dicari disini adalah aroma wangi. Saya malah lebih merekomendasikan essen aroma buah seperti strowberi, nangka atau pandan karena itu sudah teruji.

Cara terbaik untuk menguji essen adalah saat ikan sepi atau jarang makan. Jika Anda mendapat ikan sementara yang lain 'boncos' bisa jadi essen tersebut tepat untuk campuran umpan. Saya pribadi berpendapat essen sedikit banyak membantu terutama untuk memunculkan aroma tertentu untuk menambah daya tarik ikan. Sekali lagi disini adalah aroma dimana aroma ini bisa juga didapat dengan cara lain seminsal menambah daging tuna jika ingin mendapatkan aroma tuna atau asin.

Selain dengan essen kita bisa juga menambahkan teluar ayam untuk mendapatkan aroma dan rasa amis pada umpan terutama pelet. Tidak melulu harus menggunakan essen karena ada alternatif lain selain essen jadi tidak perlu memaksakan harus menggunakan essen.

0 komentar:

Post a Comment test